TIPS MENJAGA KESEHATAN DI MASA PANDEMI

TIPS MENJAGA KESEHATAN DI MASA PANDEMI

 

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, mungkin  sudah tidak asing dengan perasaan dan pikiran buruk yang muncul di benak. Dari kekhawatiran terhadap kesehatan hingga kehilangan mata pencaharian, memunculkan perasaan cemas, takut, dan stres pada sebagian orang. tidak ada salahnya jika muncul pikiran-pikiran negatif selama masa pandemi ini. Reaksi setiap orang terhadap perubahan besar tentunya berbeda-beda. Namun, perasaan cemas dan stres ini tetap perlu dikelola dan ditangani, agar tidak memunculkan masalah yang lebih parah dan berkelanjutan. lakukan Tips untuk menjaga kesehatan mental saat pandemi yaitu :

  1. Sharing dan saling mendengarkan

Salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah kebutuhan untuk mendengarkan dan didengarkan. Bicaralah pada orang yang Anda percayai. Ceritakan perasaan Anda, bagi suasana hati dengan teman, keluarga, atau orang yang Anda kasihi.

  1. Batasi Penggunaan Media Sosial dan Berita

Mengikuti perkembangan terbaru tentunya penting, tapi terus membaca berita buruk setiap hari sangat tidak efektif dalam menenangkan pikiran negatif. Berita terpercaya maupun secuplik rumor dapat berdampak buruk pada kesehatan mental. Tidak perlu sampai meng-uninstall aplikasi berita di smartphone-mu, tapi jangan sampai membaca berita mengenai pandemi selama berjam-jam. Batasilah penggunaan teknologi, ingat bahwa kadang kita perlu keluar dari dunia maya dan mencari aktivitas lain yang membuat kita merasa senang dan nyaman.

  1. Sibukkan Diri dengan Berbagai Aktivitas

Di tengah pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), tersedia waktu yang lebih banyak untuk mencoba hobi baru atau melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Bacalah buku yang belum pernah kamu baca, melukis, menulis, menonton serial TV yang sampai saat ini belum sempat kamu tonton, atau coba mempelajari bahasa baru. Hal-hal produktif yang bisa kamu lakukan dari rumah hampir tak ada batasnya. Aktivitas seperti ini biasanya efektif dalam mengalihkan perhatianmu dari pikiran negatif yang bermunculan ke sesuatu yang lebih positif. Lebih baik lagi jika kamu bisa melakukan aktivitas-aktivitas tersebut bersama orang lain di rumahmu.

  1. Jaga Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kesehatan jasmani dan kesehatan mental sangat berhubungan satu sama lain. Jika kesehatan mentalmu turun, daya tahan tubuh akan mengikuti, begitu pun sebaliknya. Walaupun kamu di rumah saja 24 jam sehari, tetaplah jaga jadwal tidurmu. Tidur paling tidak 7 jam sehari sangatlah penting. Selain itu, pola makan juga perlu dijaga. Hindari kafein dan merokok karena dapat memperburuk rasa cemas atau stres. Berolahraga secara rutin juga bisa menjadi pengalih perhatian yang positif serta membantu dalam menjaga daya tahan tubuh.

  1. Tidak perlu panik, cucilah tangan Anda dengan sabun.

Apakah sabun dan air saja cukup? Jawabannya adalah iya, karena sabun menembus lapisan lemak virus, kemudian menghancurkannya. Aliran air lalu akan menghanyutkan debu dan sisa-sisa virus yang telah dihancurkan. Tidak perlu panik mencari dan membeli cairan antiseptik handsrub yang harganya sudah tidak masuk akal.

  1. Gunakan sumber terpercaya untuk mendapatkan informasi tentang COVID-19.

Tidak semua informasi tentang COVID-19 itu benar. Dapatkan fakta sesungguhnya tentang resiko dan cara pencegahan COVID-19 yang tepat dari sumber informasi terpercaya, seperti situs web WHO, Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Jangan sekedar mendengarkan pendapat-pendapat pribadi di media sosial yang belum teruji kebenarannya.

  1. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Gunakan whattsap, telepon, e-mail, atau media sosial untuk saling menguatkan dan memberi motivasi selama menjalani masa pandemi yang sulit. tidak perlu menyebarkan berita atau hoax di media sosial kita akan semakin menyakiti orang lain dan diri sendiri.

Masalah kesehatan mental disertai dengan banyak perasaan dan perilaku. Beberapa tanda awal adalah sebagai berikut:

  • Tinggal jauh dari orang
  • Merasa putus asa
  • Merasa kurang energik sepanjang waktu
  • Penyalahgunaan narkoba
  • Perubahan suasana hati
  • Melukai diri sendiri
  • Bingung
  • Masalah dalam melakukan tugas sehari-hari
  • Kurang konsenterasi
  • Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit

 

Bagaimana Jika Aku Masih Stres?

Kadang rasa cemas dapat menjadi sangat berlebihan, sehingga metode-metode di atas kurang cocok untuk menghadapinya. Jika kamu mengalami stres berat dan merasa tidak mampu mengatasinya, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter jiwa (psikiater), psikolog, psikoterapis, atau profesional kesehatan lainnya.

Bagaimanapun caramu menjaga kesehatan mental, ingatlah selalu bahwa kamu tidak sendirian. Akan selalu ada orang yang bersedia untuk membantu. Orang-orang di seluruh dunia berjuang yang sama sepertimu, dan kita harus saling menolong satu sama lain untuk melalui masa sulit ini.

 

INGATTT YAAAAA !!! TIPS MENJA KESEHATAN DI MASA PANDEMI!!!

  1. Sharing dan saling mendengarkan
  2. Batasi penggunaan media sosial dan berita
  3. Sibukan diri dengan berbagai aktivitas
  4. Jaga kesehatan tubuh
  5. Tidak perlu panik, tetap cuci tangan dengan sabun
  6. Gunakan sumber terpercaya untuk mendapatkan informasi tentang covid 19
  7. Tetaplah menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang Anda sayangi

 

 

 

Sumber :   Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2020).

Informasi Terkini Terkait Covid-19. Gordon, J. National Institute of Health    (2020).

 

 

 

Respond For " TIPS MENJAGA KESEHATAN DI MASA PANDEMI "