TIPS MENYUSUI ASI EKSKLUSIF DENGAN SUKSES

BUNDA MERASA SULIT MEMBERIKAN ASI ?

INI DIA TIPS MENYUSUI ASI EKSKLUSIF DENGAN SUKSES

APA SIH ASI EKSKLUSIF ?

ASI Eksklusif adalah pemberian hanya ASI saja tanpa makanan dan minuman lain, UNICEF dan WHO merekomendasikan Pemberian ASI eksklusif sampai bayi berumur enam bulan pertama kehidupan. Setelah itu anak harus diberi makanan padat dan semi padat sebagai makanan tambahan selain ASI. ASI eksklusif di anjurkan pada beberapa bulan pertama kehidupan karena ASI tidak terkontaminasi dan mengandung banyak gizi atau yang disiapkan dalam kondisi tidak higienis dapat menyebabkan anak mengalami kurang gizi dan terinfeksi organisme asing, sehingga mempunyai daya tahan tubuh yang rendah terhadap penyakit diantara anak-anak.

Dalam fase ini harus diperhatikan dengan benar mengenai pemberian dan kualitas ASI, supaya tak mengganggu tahap perkembangan si kecil selama enam bulan pertama kehidupan, mengingat periode tersebut merupakan masa periode emas perkembangan anak sampai menginjak usia 2 tahun.

Menurut UU nomor 36/2009 tentang kesehatan

Pasal 128 ayat 2 dan 3 disebutkan bahwa selama pemberian ASI, pihak keluarga, pemerintah daerah dan masyarat harus mendukung ibu secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus. Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana di maksud pada ayat (2) diadakan di tempat kerja dan tempat sarana umum.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 tentang pemberian Air susu ibu Eksklusif. Pasal  6 berbunyi “ setiap ibu yang melahirkan harus memberikan ASI eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya”.

Menyusui merupakan salah satu investasi terbaik untuk kelangsungan hidup dan meningkatkan kesehatan, perkembangan sosial, serta ekonomi individu. Angka kematian bayi menjadi salah satu indikator penting untuk mengetahui derajat kesehatan di suatu negara, dan bahkan untuk mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa. Salah satu cara untuk menekan angka kematian bayi adalah dengan memberikan makanan terbaik, yaitu air susu ibu (ASI). Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dapat mengurangi hingga 13 persen angka kematian balita.

Studi dari The Global Breastfeeding Collective, pada 2017 menunjukkan bahwa satu negara akan mengalami kerugian ekonomi sekitar $300 milyar pertahun akibat rendahnya cakupan ASI Eksklusif yang berdampak pada meningkatnya risiko kematian ibu dan balita serta pembiayaan kesehatan akibat tingginya kejadian diare dan infeksi lainnya.

KEUNTUNGAN ASI EKSKLUSIF

  1. Asi tidak berbayar dan merupakan makanan sempurna bagi bayi
  2. Meningkatkan bounding attachment kepada ibu dan bayi
  3. Bayi yang diberikan asi lebih kuat dan terhindar dari beragam penyakit.
  4. Asi lebih mudah dicerna oleh bayi
  5. Pemberian Asi ramah lingkungan
  6. Asi mengurangi risiko obesitas pada si kecil
  7. Membantu Perkembangan Otak dan Fisik Bayi
  8. Mencegah kanker payudara

TIPS SUKSES ASI EKSKLUSIF

  1. Memberikan sugesti pada diri sendiri bahwa mampu memberi Asi eksklusif dengan menanamkan manfaat asi eksklusif bagi ibu dan bayi.
  2. Hindari stress psikologis
  3. Buatlah diri nyaman saat memberikan asi
  4. Perlunya dukungan keluarga dan lingkungan sekitar
  5. Menyiapkan asi cadangan bagi ibu yang bekerja
  6. Rutin melakukan pemeriksaan nifas agar mendapatkan informasi seputar asi eksklusif demi kesehatan ibu dan bayi

 

 

 

Banyaknya keuntungan yang diperoleh dari ASI eksklusif seharusnya membuat kita sadar akan pentingnya ASI eksklusif dan harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan masyarakat agar mendukung suksesnya ASI eksklusif agar menciptakan generasi sehat dan cerdas bagi generasi selanjutnya.

 

Sumber :

Promkes.kemkes.Diakses pada 05/10/20

http://promkes.kemkes.go.id/manfaat-asi-eksklusif-untuk-ibu-dan-bayi

kemkes. Diakses pada 05/10/2020

https://www.kemkes.go.id/ /berikan-asi-untuk-tumbuh-kembang-optimal.html

infodatin-asi.pdf

Respond For " TIPS MENYUSUI ASI EKSKLUSIF DENGAN SUKSES "